Untuk mengunci sel di Microsoft Excel dan menjaga data agar tidak berantakan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Pilih sel yang ingin Anda kunci:
- Jika ingin mengunci semua sel, gunakan
CTRL/Command + A
atau klik pojok kiri atas. - Untuk mengunci sel tertentu, pilih sel tersebut.
- Jika ingin mengunci semua sel, gunakan
Buka tab ‘Review’ dan pilih opsi ‘Protect Sheet’ atau ‘Protect Workbook’, tergantung pada apa yang ingin Anda lindungi.
Masukkan password yang Anda inginkan untuk proteksi tersebut dan konfirmasi passwordnya.
Pilih opsi yang diizinkan bagi pengguna lain yang tidak mengetahui password, seperti memilih, memformat, atau menyisipkan sel, baris, atau kolom.
Klik ‘OK’ dan sel atau workbook akan terkunci.
Untuk mengedit kembali, Anda perlu memilih ‘Unprotect Sheet’ atau ‘Unprotect Workbook’ dan memasukkan password lagi.
Perlu diingat bahwa proteksi hanya berlaku untuk sheet atau workbook yang aktif dan tidak berlaku untuk sheet atau data lainnya. Data yang terproteksi masih bisa disalin dan ditempel ke tempat lain
Selamat mencoba, semoga berhasil menjaga data Excel Anda tetap rapi dan terorganisir!